Tumbuhan-tumbuhan Cantik Penghias Hutan Batangtoru

Tumbuhan-tumbuhan Cantik Penghias Hutan Batangtoru

Kawasan ekosistem Batangtoru merupakanhutan dengan keragaman hayati tinggi. Selain dihuni spesies baru orangutan tapanuli, di wilayah ini juga hidup beragam tumbuhan cantik.

Yayasan Ekosistem Lestari (YEL), yang telah melakukan penelitian di Batangtoru, baru-baru ini merilis sejumlah flora hasil temuan mereka. Nursaniah Nasution, Analis Tumbuhan Unik YEL, mengatakan di hutan yang masuk tiga kabupaten tersebut Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, dan Tapanuli Utara, ditemukan kantong semar, Amorphophallusatau bunga bangkai, dan Rafflesia.

Rhizanthes,atautumbuhan parasit yang masih satu suku dengan Rafflesiajuga ada di Batangtoru.Ada juga Balanophora,sejenis tumbuhan parasit, dan Thismia(tumbuhan saprofit), Rhododendron ataubunga azalea, serta Begonia,masyarakat di sekitarhutan Batang Torumenyebutnya asam-asam.

Saniah menjelaskan, untuk kantong semar atau Nephentes, ada 12 jenis di sini. Berdasarkan literatur,sekitar30 persen, adalah jenis yang hidupdi Sumatera.

“Delapan di antaranya endemik Sumatera, yaitu N. flavaN. ovataN. tobaicaN. sumatranaN. bongsoN. rhombicaulisN. longifolia, dan N. Spectabilis. Sisanya merupakan jenis umum yaitu N. albomarginataN. ampullariaN. gracilis, dan N. rafflesiana. Jika dijelajah lebih luas lagi kemungkinan akan ada penambahan jenis,” jelasnya, awal Desember ini.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *