Tempat Penangkaran Orang Utan

Tempat Penangkaran Orang Utan

Belum lama ini, Pongo Abelli, seekor orang utan yang berkelana untuk mencari makan. Hal ini terjadi di Bukit Lawang, Sumatera Utara. Di Pulau Sumatera itu sendiri, tepatnya di sekitar Batang Toru, ditemukan spesies orang utan terbaru, yaitu Pongo Tapanuliensis. Spesies satu ini berbeda dengan Pongo Abelli.

Lantas, bagaimanakah kelanjutan dari spesies baru orang utan tersebut? Apakah tempat penangkaran orang utan diperlukan untuk hal ini? Untuk mengetahui penjelasan terkait hal tersebut, simaklah ulasan di bawah ini.

Tempat Penangkaran Orang Utan untuk Kelangsungan Hidup Orang Utan

Ekosistem yang berada di Batang Toru merupakan sebuah habitat asli dari orang utan. Maka dari itulah, pemerintah perlu meningkatkan status pengelolaan ekosistem tersebut. Hal ini agar ekosistem tersebut dapat diolah untuk menjadi suaka margasatwa atau hutan nasional. Untuk selanjutnya, ekosistem tersebut juga dapat menjadi tempat penangkaran orang utan.

Dalam mengupayakan tempat konservasi tersebut, banyak dilakukan riset tentang flora yang nantinya dijadikan sebagai makanan alami dari orang utan. Sehingga untuk selanjutnya, flora tersebut juga dapat dilindungi. Merupakan hal penting sebuah rantai makanan untuk konservasi hewan langka itu. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga ketersediaan orang utan tersebut.

Baca Juga : Orang Utan Di Sumatera

Bagaimanakah jika rantai makanan tersebut terputus? Tentunya, spesies orang utan juga akan mengalami kepunahan. Maka dari itulah, sangat perlu melakukan riset terkait pakan alami untuk orang utan. Hal ini juga harus didukung dengan dana yang memadai. Dan karena hal inilah, tempat penangkaran sangat diperlukan.

Tempat penangkaran ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan populasi orang utan yang mulai langka. Penangkaran yang dilakukan mulai dari penyediaan tempat, penyediaan pakan hewan, manajemen kesehatan hewan, dan juga reproduksinya. Setelah populasinya meningkat, maka orang utan dapat dilepaskan kembali di alam.

Maka dari itulah, semua elemen haruslah mendukung hal ini. Untuk pemerintah sendiri harus ingat, bahwa penangkaran orang utan ini memerlukan sebuah perencanaan dan pendanaan yang sangat mencukupi. Jadi, kerja sama yang baik sangatlah diperlukan.

Demikianlah pembahasan tentang tempat penangkaran orang utan yang harus Anda tahu. Sebagai masyarakat yang baik, marilah bersama-sama mendukung hal tersebut demi kelangsungan hidup orang utan.

 

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *