Tapanuli Selatan

Tapanuli Selatan

Tapanuli selatan merupakan daerah yang ada di sumatera utara, kepulauan sumatera. Di daerah ini, umumnya masyarakat memiliki budaya yang hampir mirip dengan masyarakat sumatera barat yang menganut islam yang cukup taat. Seperti halnya di sumatera barat yang mayoritas agama mereka adalah islam, di wilayah ini juga memiliki masyarakat yang mayoritas dari mereka adalah islam. Jadi mereka termasuk masyarakat islam yang taat beragama.

Adat Istiadat Masyarakat Tapanuli Selatan

Di daerah tapanuli selatan memang memiliki kebiasaan atau adat yang unik yang bisa jadi berbeda dengan masyarakat jawa yang sering kita temui. Masyarakat di wilayah ini merupakan masyarakat yang hidup damai meskipun mereka berasal dari suku- suku yang berbeda- beda. Sebuah hutan di daerah ini yaitu hutan batang toru, menjadi salah satu hutan yang menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat batang toru, Tapanuli Selatan. Mereka berbondong- bondong bekerja keras mengurus lahan di hutan ini yang umumnya ditumbuhi karet. Tak hanya karet ada berbagai jenis tanaman lain yang ditanam yang beragam

Selain berbeda suku, masyarakat Tapanuli Selatan juga memiliki perbedaan agama sekalipun mayoritas dari mereka adalah agama islam yang taat. Adat yang digunakan pun juga unik. Saat ada seorang warga yang akan berangkat ke tanah suci makkah untuk melaksanakan ibadah haji, mereka menyelenggarakan sebuah ritual adat islam yang mereka sebut dengan tepung tawar.

Adat ini bukanlah adat makan biasa, namun juga berdoa untuk keselamatan dan juga kelancaran beribadah di tanah suci kelak. Pada ritual tepung tawar ini, mereka berdoa dengan melantunkan ayat suci alqur’an beserta bacaan salawat kepada nabi yang dibaca secara bersamaan dengan kompak.

Baca Juga : Mangirit Boru, Prosesi Adat Tapanuli Selatan Agar Tak Salah Pilih Pasangan

Tak hanya itu, mereka memegang sebuah nampan yang berisi tepung beras yang mengartikan sebagai hati yang bersih dan suci. Mereka mendoakan agar saat menunaikan ibadah haji, mereka dijauhkan dari penyakit hati sehingga mereka bisa khusuk beribadah kepada Allah. Lucu ya istilah yang mereka berikan? .

Itulah tadi sekilas mengenai Tapanuli Selatan yang bisa kita ketahui bersama. Semoga bermanfaat.

 

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *