Sungai Batang Toru Bakal Gabung 3 Sungai Besar Ini Sebagai Penggerak PLTA

Sungai Batang Toru Bakal Gabung 3 Sungai Besar Ini Sebagai Penggerak PLTA

Di Indonesia, sungai besar mempunyai manfaat yang tak ternilai, salah satunaya dipakai untuk menyuplai aliran listrik bagi warga sekitar. Sungai Batang Toru, yang nantinya akan menjadi pemasok energi bagi PLTA Batang Toru, akan menjadi sungai kesekian menambah portofolio sungai berfungsi serupa di tanah air.

Nah, apa sajakah sungai yang sebelumnya pernah dipakai sebagai pemasok PLTA dan berfungsi baik hingga kini? Yuk disimak!

1. Sungai Asahan

PLTA Asahan I mengambil nama dari sungai Asahan yang mengalir sepanjang 147 km di provinsi Sumatera Utara. Sungai Asahan mengalir mlai dari mulut danau Toba, melalui Porsea di kabupaten Toba Samosir lalu berujung di teluk Nibung, Selat Malaka, kabupaten Asahan dekat kota Tanjungbalai. PLTA Asahan I sendiri mulai beroperasi pada 2011 dengan kapasitas total 180 MW dengan menggunakan dana mencapai US$310 juta untuk membuatnya.

2. Sungai Musi

PLTA Musi menamakan diri dengan mengambil nama sungai tempatnya mengambil energi, yakni sungai Musi. Sungai ini berada di provinsi Sumatera Selatan. Dengan panjang hingga 750 km, sungai Musi menjadi yang terpanjang di pulau Sumatera. Ia menjadi ikon tersendiri bagi kota Palembang via jembatan Ampera, yang membagi kota ini menjadi dua bagian. PLTA sungai Musi mempunyai daya terpasang 3 x 70 MW yang memberikan energi listrik sebanyak 1.140 GWh/tahun. Kemampuannya yang besar membuat PLTA ini penyuplai daya listrik bagi hampir seluruh Sumatera via interkoneksi jaringan transmisi 150 kv/275 kv untuk bagian selatan mau pun utara.

3. Sungai Kampar

Masih dari pulau Sumatera. Kali ini sungai Kampar lah yang turut dipakai sebagai sumber utama bagi PLTA Koto Panjang. Sungai Kampar mempunyai hulu di Bukit Barisan, sekitar Sumatera Barat dan bermuara di pesisir timur pulau Sumatera. Sungai Kampar ditopang oleh dua buah sungai yang hampir sama besarnya, yakni Kampar Kanan dan Kampar Kiri. Lewat sungai inilah PLTA Koto Panjang mengandalkan energinya dengan kapasitas 114 MW untuk memenuhi kebutuhan listrik penduduk sekitar.

 

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *