Paska Luapnya Sungai Batang Toru, BMKG Medan Peringatkan Warga Waspada Banjir

Paska Luapnya Sungai Batang Toru, BMKG Medan Peringatkan Warga Waspada Banjir

Melubernya sungai Batang Toru hingga menyebabkan banjir di daerah sekitarnya akhir pekan lalu membuat warga kabupaten Tapanuli Selatan dan sekitarnya agar waspada jika terjadi banjir mengingat curah hujan yang relatif tinggi belakangan ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG Medan memperkirakan cuaca ekstrem masih akan terjadi di provinsi Sumatera Utara, tak terkecuali kawasan Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Padangsidimpuan dan Padanglawas.

Seperti ditulis oleh medan.tribunnews.com, hujan dengan intensitas tinggi kategori sedang hingga lebat, angin kencang beserta petir masih akan melanda kawasan tersebut. Himbauan tersebut dirilis paska terjadi banjir di desa Simataniari, kecamatan Angkola Sangkunur, Tapanuli Selatan akibat air sungai Batang Toru yang meluap menyusul tingginya curah hujan sejak Sabtu pekan lalu, 22 September 2018. Walhasil, melubernya sungai Batang Toru ini, rumah dan ladang milik warga desa yang dekat dengan sungai Batang Toru terendam air banjir.

Meluapnya sungai Batang Toru membuat Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Tapanuli Selatan Ilham Suhardi melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Tapanuli Selatan Golfrid Tobing angkat bicara. Menurutnya, desa Simataniari memang dikenal sering banjir tiap air di sungai Batang Toru meluap.

“Kita buat dapur umum. Tapi kalau untuk pengungsian karena mereka sudah terbiasa dengan banjir itu, sulit kita mengungsikan. Kami di sini saja lah katanya,” kata Golfrid pada Minggu, 23 September 2018.Pada hari yang sama, BMKG Medan mengeluarkan data curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang akan terjadi sore hari di Langkat, Karo, Deliserdang, Medan, Dairi, Simalungun, Toba Samosir, Mandailing Natal dan Tapanuli Tengah.

Selain daerah tersebut, diperkirakan hujan dengan curah yang kurang lebih sama akan melanda di wilayah Serdangbedagai, Asahan, Tanjungbalai, Labuhanbatu Utara, Tapanuli Selatan, Padangsidimpuan, Tapanuli Utara, Padanglawas, Pematangsiantar, Samosir, Binjai, Humbang Hasundutan, Pakpak Bharat dan sekitarnya.

Selain sungai Batang Toru dan daerah sekitarnya, tentunya kita patut berhati-hati sebab musim hujan sudah mulai terjadi di beberapa tempat di nusantara, termasuk Jakarta. Jaga keselamatan dan kesehatan untuk kita semua.

 

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *