Species Orang Utan Langka

Species Orang Utan Langka

Species Orang Utan Langka – Di Indonesia, orang utan merupakan hewan yang cukup langka yang tidak hidup di sembarang tempat. Salah satu tempat yang biasanya dihuni oleh orang utan yaitu hutan batang turo di kabupaten tapanuli selatan, sumatera utara. Hutan batang toru yang berada di sumatera utara ini merupakan hutan yang masih memiliki beragam keanekaragaman hayati yang berupa hewan maupun pohon- pohon yang langka yang perlu dilestarikan. Salah satu dari keanekaragaman hayati yang ada di hutan ini yaitu orang utan.

Mengapa orang utan yang ada di hutan batang tuto wajib dilindungi dan dilestarikan? Hal itu karena orang utan tapanuli atau yang disebut dengan pongo tapanuliensis merupakan jenis species orang utan langka. species orang utan langka ini merupakan spesies terbaru yang baru ditemukan dan menjadi spesies langka yang menghuni hutan batang toru sumatera utara.

Baca Juga : Orang Utan Di Sumatera

Species orang utan langka ini menjadi fauna yang dilindungi sehingga masyarakat maupun perusahaan yang berada di hutan tersebut harus turut bekerja sama untuk tidak mengganggu serta merusak ekosistem tempat tinggal mereka. Hutan batang toru, selain menjadi tempat tinggal dari species orang utan langka ini, juga merupakan sebuah lahan perkebunan warga yang juga di dalamnya didirikan 2 perusahaan besar yakni perusahaan tambang emas dan juga PLTA batang toru.

Kelestarian Alam Batang Toru

Sekalipun hutan tersebut digunakan atau dimanfaatkan untuk banyak hal, namun kelestarian flora dan juga fauna termasuk species orang utan langka ini tetap terjaga karena perusahaan tambang emas maupun PLTA batang toru turut menjaga kelestarian lingkungan hutan. Semua pihak yang berkaitan dengan pemerintahan dan perusahaan seperti para investor turut berkomitmen untuk menjaga kelestarian alam yang ada di hutan batang toru ini.

Keanekaragaman yang ada di hutan batang toru ini membuat hutan ini diubah status dari hutan produksi menjadi hutan lindung. namun, meskipun perubahan status tersebut telah diberlakukan, hutan batang toru tetaplah mejadi lahan perkebunan bagi warga degan syarat mereka harus menjaga kelestarian dan membantu menjaga para satwa yang ada di hutan batang toru yang termasuk dalam satwa langka termasuk di dalamnya species orang utan langka ini.

Itulah beberapa paparan mengenai orang utan tapanuli atau yan kini telah menjadi species orang utan langka yang tinggal di hutan batang toru, kabupaten tapanuli selatan, sumatera utara. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita bisa turut menjaga lingkungan dengan tidak memburu satwa langka agar mereka bisa hidup dengan damai.

 

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *