PLTA Terbesar di Sumatera

PLTA Terbesar di Sumatera

Pembangkit Listrik Tenaga Air yang dibangun di Tapanuli Selatan ini merupakan proyek PLTA Terbesar di Sumatera. Proyek PLTA yang dibangun ini berkapasitas 510 mega watt dan mempunyai empat turbin. Proyek pembangunan PLTA ini diinformasikan dapat menghabiskan dana sekitar Rp. 20 triliun. Kabarnya, PLTA ini akan siap beroperasi pada tahun 2022.

Lantas, bagaimanakah perkembangan PLTA terbesar di Sumatera ini? Untuk mengetahui penjelasan lengkapnya, simaklah ulasan di bawah ini.

Proyek PLTA Terbesar di Sumatera

Proyek pembangunan PLTA di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara ni dikabarkan sudah menghabiskan lahan sekitar 400 ha. Bahkan, pihak pengelola juga telah bernegosiasi dengan PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN. Negosiasi ini membahas tentang besaran dari harga listrik yang nanti bisa dibayarkan saat PLTA sudah beroperasi.

Jika pembangunan proyek PLTA terbesar di Sumatera ini terealisasi, maka kebutuhan akan pasokan listik di Sumatera, khususnya Sumatera Utara, dapat tercukupi dengan baik. Hal ini dikarenakan daya yang bisa dihasilkan oleh PLTA tersebut sangat besar.

Pihak pengelola juga mengatakan bahwa meskipun PLTA ini adalah proyek terbesar, tetapi tidak akan mengganggu kehidupan dan kenyamanan masyarakat. Maka dari itulah, perlu adanya kerja sama antara pihak pengelola dan juga masyarakat, untuk menjaga kelestarian dari flora dan fauna di kawasan tersebut.

Baca Juga : Sambut Hari Keanekaragaman Hayati Dunia, PT NSHE berbagi cerita Proyek PLTA Batangtoru

Bukan hanya membangun PLTA saja, pihak pengelola juga akan membangun terowongan dengan panjang 12 km dan juga bendungan. Namun, pihak pengelola akan melakukan normalisasi sungai Batang Toru terlebih dahulu. Jadi, dukungan dari masyarakat di sekitar Tapanuli Selatan sangatlah dibutuhkan.

Pihak pemerintah pun juga mendukung investasi dalam bidang listrik ini. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan dengan adanya investor, maka lapangan kerja di sekitar daerah tersebut akan tersedia semakin banyak. Pihak pengelola juga membutuhkan tenaga kerja dari masyarakat sekitar proyek. Jadi, proyek ini akan bermanfaat untuk keseluruhan.

Itulah penjelasan terkait PLTA terbesar di Sumatera yang harus Anda tahu. Untuk merealisasikannya, dibutuhkan dukungan dari semua elemen yang bersangkutan. Semoga bermanfaat.

 

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *