PLTA di Sumatera Utara

PLTA di Sumatera Utara

PLTA termasuk sebuah pembangkit listrik dengan menggunakan tenaga air. Di Sumatera Utara, telah dibangun PLTA terbesar. Nantinya, PLTA ini dapat dimanfaatkan untuk kehidupan manusia. Khususnya untuk memenuhi pasokan listrik di Indonesia. Pembangunan ini juga termasuk sebuah proyek besar dalam skala nasional.

Lantas, bagaimanakah perkembangan pembangunan PLTA di Sumatera Utara ini? Untuk mengetahui hal tersebut, simaklah ulasannya di bawah ini.

Proyek Pembangunan Terbesar PLTA di Sumatera Utara

Pembangunan PLTA terbesar ini dilakukan di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Pembangunan PLTA ini juga termasuk proyek terbesar di Indonesia. Tujuan dari pembangunan PLTA ini tidak lain adalah untuk memenuhi kebutuhan pasokan listrik di Indonesia.

Dengan adanya proyek ini, PT. North Sumatera Hydro Energy selaku pihak pengelola proyek, berharap bahwa pembangunan ini juga mendapat dukungan positif dari pemerintah, pers, dan juga penggiat lingkungan. Tanpa adanya dukungan yang baik, pihak pengelola khwatir akan adanya keterlambatan proses pengerjaan.

Anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan PLTA di Sumatera Utara ini adalah sekitar 18 triliun dampai 25 triliun. Dan diperkirakan, waktu pembangunan membutuhkan waktu sekitar 5 tahun. Untuk tenaga kerjanya, proyek pembangunan PLTA ini mempekerjakan masyarakat lokal sekitar 75%, dengan pembagian sebagai pekerja, teknis, dan non teknis.

Baca Juga : PLTA Batang Toru Terbesar di Sumatera, Siap Beroperasi 2022

Lahan yang diperlukan dalam pembangunan ini adalah sekitar 566 ha, dengan pembagian untuk pembangunan bendungan dan pembangunan jalan PLTA itu sendiri. Untuk proyek pembangunan PLTA ini, pihak pengelola telah memastikan bahw proyek ini tidak akan mengganggu lingkungan sekitar proyek. Hal ini dikarenakan lokasinya yang berada didekat sungai, ternyata memisahkan habitat dari satwa liar.

Untuk kedepannya, PLTA ini dikatakan dapat menyuplai pasokan listrik dengan kekuatan 510 megawatt, dengan bantuan debit dari dungai Batang Toru yang berkisar 106 meter per kubiknya. Bukan hanya itu saja, PLTA ini dikatakan akan siap beroperasi pada tahun 2002.

Itulah penjelasan terkait PLTA di Sumatera Utara yang harus Anda tahu. Untuk mensukseskannya, semua elemen masyarakat dan juga jajaran pemerintah, sebaiknya turut mendukung pembangunan PLTA ini. Semoga bermanfaat.

 

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *