Orangutan Sumatera

Orangutan Sumatera

Orangutan sumatera atau bisa disebut dengan pongo tapanuliensis merupakan jenis orang utan yang berukuran cukup besar dan juga unik yang ditemukan di hutan batang toru kabupaten tapanuli selatan, sumatera utara. Orangutan Sumatera ini merupakan jenis yang unik dan berbeda dari jenis orang utan lainnya berdasarkan genetik dan juga bentuk tulang tengkorak serta tulang rahang yang dimilikinya.

Orangutan Sumatera ini hidup di hutan batang toru yang merupakan hutan dataran tinggi. hutan ini merupakan hutan lindung yang dilindungi untuk menjaga habitat dari orangutan tapanuli dan juga satwa lainnya yang turut tinggal di hutan batang toru.

Populasi orangutan tapanuli ini tersisa kurang lebih 800 ekor. Mereka kini dilindungi karena kekhawatiran akan diburu ataupun berkurangnya populasi mereka karena dirusaknya habitat asli mereka. Orangutan Sumatera ini berkembang biak sekitar 8- 9 tahun sekali dan mulai berkembang biak pada umur 15 tahun dengan umur maksimal yaitu 50- 60 tahun. Dengan taraf perkembang biakan tersebut, hewan mamalian ini dinilai cukup sulit bertambah sehingga setiap ekot harus dilindungi dengan baik beserta habitatnya.

Hutan batang toru dahulu merupakan hutan produksi yang digunakan sebagai lahan perkebunan beberapa jenis tanaman yang diambil hasilnya oleh masyarakat. Selain itu juga ada 2 perusahaan besar di hutan ini yaitu perusahaan tambang emas dan juga PLTA.

Baca Juga : Hutan Batang Toru Diusulkan Jadi Kawasan Lindung

Sekalipun perusahaan ini berada di hutan batang toru, mereka tidak diperkenankan mengganggu maupun memburu satwa yang dilindungi termasuk Orangutan Sumatera ini. untungnya, perusahaan tersebut turut berkomitmen membantu upaya perlindungan dan juga pelestarian satwa liar dan langka yang ada di hutan ini. bahkan PLTA yang dibangun di area sungai batang toru pun dibuat sedemikian rupa dengan lahan yang minim serta menormalkan debit air yang digunakan untuk sumber listrik dengan baik.

Sekian dari informasi terkait Orangutan Sumatera dan juga hutan batang toru yang merupakan habitat dari Orangutan Sumatera ini. semoga apa yang disampaikan bisa menambah ilmu yang kita miliki dan juga bermanfaat.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *