Nama PLTA di Indonesia

Nama PLTA di Indonesia

PLTA merupakan singkatan dari Pembangkit Listrik Tenaga Air. Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa PLTA yang tersebar di seluruh Indonesia. Pembangkit listrik dengan menggunakan tenaga air ini memang cukup mudah dan hemat dibanding dengan yang lain. Sebenarnya, PLTA ini tidak hanya menggunakan waduk saja. Penggunaan ombak sebagai tenaga pun juga bisa.

Apakah Anda penasaran dengan nama PLTA di Indonesia? Untuk mengetahui penjelasan lengkapnya, simaklah ulasan di bawah ini.

Inilah Nama PLTA di Indonesia

1. PLTA Cirata

PLTA Cirata merupakan sebuah PLTA yang berada di Jawa Barat dan meliputi beberapa kabupaten, yaitu Cianjur, Purwakarta, dan Bandung. PLTA ini mulai beroperasi pada tahun 1999. PLTA Cirata ini dapat menghasilkan listrik sekitar 1.428 megawatt pertahun.

2. PLTA Sigura-Gura

PLTA Sigura-Gura merupakan salah satu nama PLTA di Indonesia. PLTA ini terletak di provinsi Sumatera Utara. Untuk tenaga listriknya, PLTA ini memanfatakan hulu dari sungai Asahan di Danau Toba. Pada awalnya, PLTA Sigura-Gura ini dibangun untuk kepentingan perusahaan pelebur aluminium. PLTA ini dapat menghasilkan listrik sekitar 209 megawatt.

3. PLTA Poso II

PLTA Poso II merupakan pembangkit listrik yang berada di Desa Sulewana, Pamona Tengah, Poso, Sulawesi tengah. PLTA ini menggunakan aliran sungai Poso. PLTA ini juga mulai dibangun pada tahun 2004 dengan kapasitas energi listrik sekitar 3 x 65 megawatt.

Baca Juga : PLTA Di Batang Toru

4. PLTA Jatiluhur

PLTA Jatiluhur dibangun di atas bendungan terbesar di Indonesia. Lokasinya berada di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. PLTA ini dibangun di awal tahun 1957 dan dikerjakan oleh pengelola dari Prancis. PLTA ini dapat menghasilkan tenaga sekitar 187 megawatt.

5. PLTA Tangga

PLTA Tangga ini berada di Asahan, Sumatera Utara. PLTA ini menggunakan aliran dari sungai Asahan dari Danau Toba. PLTA Tangga ini mempunyai turbin yang berjumlah empat buah. PLTA ini dapat menhasilkan energi listrik sekitar 317 megawatt.

Demikianlah penjelasan terkait nama PLTA di Indonesia. Sebenarnya masih banyak PLTA lain di wilayah Indonesia. Pembangunan PLTA di Indonesia ini diharapkan dapat mengurangi krisis listrik di Indonesia.

 

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *