Mengintip Hutan Batangtoru, Sumber Hidup Warga Tiga Kabupaten

Mengintip Hutan Batangtoru, Sumber Hidup Warga Tiga Kabupaten

Hutan Batangtoru terletak pada tiga kabupaten di Sumatera Utara (Sumut), yaitu Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah dan Tapanuli Selatan. Kawasan ini punya kekayaan keragamanhayati tinggi.

Hutan yang juga disebut Harangan Tapanuli ini, berdasarkan citra satelit di peta, memiliki luas 133.841 hektar, terbagi dalam dua blok wilayah, yaitu blok barat dengan luas 78.891 hektar, dan blok timur luas 54.950 hektar.

Berdasarkan data Yayasan Ekosistem Lestari (YEL), sekitar 66,7 % dari hutan Batangtoru terdapat di Tapanuli Utara, 22,6% Tapanuli Selatan, dan 10,7% Tapanuli Tengah.

Dari peta satelit, kawasan hutan yang sangat kaya keragaman ini memiliki titik terendah 194 meter diatas permukaan laut (dpl), dan tertinggi 1.781 m dpl. Sebagian besar hutan Batangtoru lebih 800 m dpl, dengan kecuraman sangat tinggi.

Pekan kemarin, saya mendapat kesempatan berkunjung ke kawasan yang memiliki keindahan luar biasa ini. Bersama sejumlah peneliti dan analis dari Yayasan Ekosistem Lestari (YEL), perjalanan yang ditemani hujan lebat itu, makin membuat penasaran.

Adalah Gabriella Fredriksson, atau biasa disapa Gaby, Koordinator Program Batangtoru – Program Konservasi Orangutan Sumatera (SOCP, PanEco – YEL) sudah lebih dari 10 tahun melakukan berbagai penelitian di sini.

Saat diwawancarai Mongabay, dia tengah menyusun buku panduan kerja berbagai bunga anggrek dan bunga lain indah dan ditemukan dalam hutan Batangtoru.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *