Listrik Wilayah Sumatera

Listrik Wilayah Sumatera

Listrik Wilayah Sumatera – Listrik merupakan energi penting yang kita butuhkan sehari- hari. Jika kita hidup tanpa adanya listrik maka hidup akan seperti kembali pada zaman sedia kala, gelap dan sulit untuk melakukan hal- hal lainnya seperti memasak dan lain sebagainya. Listrik juga sangat dibutuhkan di berbagai daerah di Indonesia termasuk wilayah sumatera dan sekitarnya. Kini telah dibangun beberapa sektor pembangkit listrik untuk menghasilkan listrik dan memenuhi kebutuhan listrik dari masyarakat sehari- hari.

Pasokan Listrik Wilayah Sumatera

Listrik wilayah sumatera berasal dari PLTA yang kini telah dibangun di area sungai batang toru. Karena daerah batang toru merupakan daerah lindung terutama pada bagian hutan dan sungai batang toru maka PLTA batang toru pun harus mempertimbangkan hal itu dan turut menjaga keanekaragaman hayati yang ada di batang toru.

Baca Juga : PLTA Di Batang Toru

Pembangkit listrik wilayah sumatera ini memiliki kapasitas 510 MW yang bisa dibilang cukup ramah lingkungan karena kemampuannya untuk mengurangi emisi karbon hingga 1,6 megaton CO2 per tahunnya. Sebagai PLTA di wilayah yang butuh dilindungi, PLTA batang toru memang telah memiliki kualifikasi yang cukup dan juga merupakan contoh yang patut ditiru oleh PLTA yang akan dibangun selajutnya. Meskipun begitu, listrik wilayah sumatera cukup terpenuhi dengan baik.

Selain itu, PLTA batang toru ini dibangun dengan wilayah yang cukup minim namun tetap maksimal. Senior advisor bidang lingkungan PT north sumatera hydro energy mengungkapkan bahwa PLTA batang toru hanya membutuhkan sekitar 67,7 hektar lahan yang tergenang dan juga sekitar 24 hektar ladan yang berada di badan sungai.

Angka tersebut cukup minim jika dibandingkan dengan lahan yang digunakan oleh PLTA lainnya selain yang ada di batang toru. Luas wilayah yang digunakan ini berkisar kira- kira seluas seperempat bahkan hingga seperlima luas wilayah PLTA lainnya dengan kapasitas yang sama. Dengan luas yang cukup minim PLTA batang toru berhasil memaksimalkan sehingga listrik wilayah sumatera tetap tercukupi dengan baik.

Demikian informasi terkait sumber listrik wilayah sumatera dan PLTA batang toru yang menjadi sumber listrik di sumatera. Semoga bermanfaat.

 

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *