Konservasi Alam Batang Toru

Konservasi Alam Batang Toru

Konservasi Alam Batang Toru – Kecamatan batang toru, kabupaten tapanuli, sumatera utara merupakan wilayah yang masih asri dengan hutan dan juga sungainya yang dihuni satwa liar yang langka. Alam batang toru merupakan sebuah tempat yang wajib dilindungi karena di dalamnya hidup satwa yang juga perlu dilindungi seperti orang utan tapanuli, harimau sumatera, tapir, burung kaua dan lainnya serta beberapa flora langka seperti raflesia arnoldi, kantong semar, dan amorphophallus.

Di alam batang toru terdapat hutan yang menjadi tempat konservasi alam batang toru. Hutan batang toru merupakan hutan yang sangat penting dan menjadi hutan yang menghidupi masyarakat tapanuli selama ini. masyarakat berkebun di hutan batang toru untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari mereka. Dari hutan inilah pula mereka memperoleh pundi- pundi rupiah.

Baca Juga : Harimau hingga Orangutan, Serba-serbi Fauna Hutan Batang Toru

Tak hanya itu, karena tempat ini merupakan tempat konservasi alam batang toru, maka perusahaan yang didirikan di tempat ini perlu berkomitment untuk turut melestarikan alam batang toru yang menjadi habitat satwa dan tumbuhan langka. Hutan batang toru tidak bisa begitu saja di rusak karena hal itu juga akan merusak kehidupan dari satwa yang tinggal di dalamnya. Karena itu kita perlu menyadari hal itu dan tidak merusak alam.

Populasi Orang Utan

Di hutan ini pula telah ditemukan populasi orang utan tapanuli atau pongo tapanuliensis yang disebut sebagai orang utan yang langka dan unik. Mereka hidup berpopulasi atau berkelompok di hutan dataran tinggi ini.

Begitu banyak alasan yang menjadikan hutan batang toru dan juga wilayah batang toru untuk menjadi konservasi alam batang toru. Masyarakat dan pemerintah serta seluruh pihak terkait seperti perusahaan yang berdiri di sana harus turut ambil andil dalam melestarikan alam batang toru dan tidak diperkenankan untuk merusaknya. Karena merusak hutan batang toru akan merusak pula habitat satwa dan merusak kehidupan mereka yang hampir punah.

Itulah tadi beberapa paparan mengenai wilayah konservasi alam batang toru yang perlu kita jaga bersama. Jika perlu menjaganya agar anak cucu kita bisa turut menikmatinya kelak.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *