Hutan Batang Toru

Hutan Batang Toru

Hutan merupakan paru- paru dunia yang memiliki banyak manfaat untuk manusia. Seperti halnya hutan-hutan lainnya, hal ini juga berlaku bagi hutan batang toru yang berada di kecamatan Tapanuli kabupaten Sumatera Utara. Di daerah ini, hutan ini telah menjadi bagian dari kehidupan warganya dan menjadi sumber mata pencaharian masyarakat di sana.

Hutan Batang Toru memiliki banyak keanekaragaman di dalamnya yang dimanfaatkan oleh para warga sebagai sumber makanan mereka sehari-hari bahkan menjadi mata pencaharian yang dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Hutan ini juga dimanfaatkan dengan baik oleh warga menjadi beberapa bagian seperti perkebunan, sawah, hingga hutan kemasyarakatan.

Perkebunan Hutan Batang Toru

Perkebunan dari Hutan batang toru yang diolah oleh warga berupa pohon karet, pinang, kulit manis, gula aren, dan masih banyak lainnya. Sementara hasil perkebunan yang dipanen, akan dijual pada agen atau pengusaha yang akan menjualnya kembali ke tempat lain atau ke pabrik.

Kebanyakan masyarakat memang mendapatkan penghasilan mereka dari mengolah perkebunan di hutan ini. selain itu, mereka juga bisa memanfaatkannya untuk keperluan sehari-hari seperti beras, kopi, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Spesies Kera Besar Terbaru Ada di Hutan Batangtoru

Yang paling utama yang diproduksi di Hutan batang toru ini, yaitu perkebunan karet yang tumbuh sangat subur dengan jumlah yang sangat banyak pula. Karet yang dihasilkan akan di jual pada perusahaan. Hasil karet yang didapatkan dari hutan ini membuat kabupaten sumatera utara menjadi penyuplai karet terbesar di Indonesia berkat hasil perkebunan karet di Hutan batang toru ini. Selain itu, perkebunan ini juga di atur oleh PT. Perkebunan Nusantara III yang mengatur segala hal pada kebun ini.

Atas kerjasama perusahaan ini dan juga hasil kerja keras masyarakat, Indonesia menjadi negara penyuplai karet yang terbesar kedua setelah thailand sehingga bisa menyuplai karet ke berbagai negara lain.

Itulah tadi beberapa informasi dari Hutan batang toru yang dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat sehingga menjadi mata pencaharian yang bermanfaat untuk mereka semua. Dari hutan ini masyarakat bisa hidup dengan berkecukupan dan juga damai. Terima kasih.

 

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *