Begini Peran Bidan Desa Jaga Kesehatan Warga Desa Marancar Godang

Begini Peran Bidan Desa Jaga Kesehatan Warga Desa Marancar Godang

Desa Marancar Godang merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan. Di kabupaten inilah Kecamatan Batang Toru berada. Layaknya desa lainnya di Indonesia, kesehatan penduduk di desa ini banyak dibantu oleh bidan desa. Bidan desa inilah yang bertanggung jawab atas segala kegiatan kesehatan di Posyandu di desa Marancar Godang.

Di desa tersebut terdapat satu buah Posyandu dengan melakukan kegiatan rutin sebulan sekali, yang dikhususkan untuk balita, bayi dan warga lanjut usia. Melalui kegiatan rutin inilah bidan desan bisa memantau kondisi kesehatan warga dalam kategori usia tersebut sehingga jika ada masalah kesehatan segera tertangani.

Kesehatan warga lanjut usia juga dipantau secara apik di posyandu ini. Beberapa kegiatan yang dilakukan untuk mengecek kesehatan warga lanjut usia, di antaranya adalah mengetahui tekanan darah dan berat badan mereka. Setiap sebulan sekali minimal bidan dan para kadernya mengajak warga lanjut usia di desa Marancar Godang melakukan senam lansia. Jika jumlah instruktur yang berasal dari kader bidan tersedia cukup, senam bisa dilaksanakan dua kali dalam sebulan.

Selain kegiatan yang sudah terjadwal di atas, bidan desa secara spontan akan menanyakan kesehatan warga dan balita jika kebetulan bertemu di jalan. Rasa menolong yang tinggi membuat para bidan desa terus memantau kesehatan balita meski tidak setiap hari. Rasa keterikatan yang kuat dengan penduduk setempat membuat para bidan desa ini begitu peduli meski tidak dilakukan di dalam ruangan. Terdapat 27 bidan desa di desa Marancar Godang dengan tugas pokok mencakup ibu hamil, bayi dan balita. Mereka pun mempunyai target khusus yang nantinya akan dilaporkan hasilnya ke bidan koordinator.

Di samping memperoleh bantuan yang memang sudah dialokasikan khusus dari pemerintah pusat dan daerah, posyandu di desa Marancar Godang turut menerima bantuan dari pihak swasta. Sebagai contoh, susu formula yang bermanfaat bagi para ibu yang memang tidak memberikan ASI ke bayi mereka.

Bantuan dari pihak swasta pun diberikan ke penduduk lansia, yang lama-kelamaan menuai respons positif meski kurang peminat di awal pertemuan.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *