Air Terjun Sisundung Parsalakan, Obyek Menantang bagi Pencinta Alam

Air Terjun Sisundung Parsalakan, Obyek Menantang bagi Pencinta Alam

Sesuai dengan namanya, air terjun Sisundung Parsalakan merujuk pada desa Sisundung, tempat obyek wisata ini berada. Desa ini masuk ke kecamatan Angkola Barat, kabupaten Tapanuli Selatan, provinsi Sumatera Utara. Air terjun ini berada sekitar dua kilometer dari jalan lintas Sidimpuan Sibolga. Para pengunjung bisa mencapai lokasi ini dengan menggunakan kendaraan pribadi tetapi hanya sampai lokasi parkir yang berjarak sekitar 500 meter dari tempat air terjun ini berada. Usai memarkirkan kendaraan, pengunjung mesti berjalan sekitar 500 meter untuk benar-benar mencapai air terjun Sisundung Parsalakan ini.

Nah, di sinilah upaya menggapai obyek wisata ini cukup menantang. Pengunjung akan melewati jalan setapak melewati sawah dan kebun salak milik penduduk sekitar. Harus berhati-hati dalam berjalan sebab tempat wisata ini belum dikelola secara profesional. Fasilitas umum, seperti toilet, kamar ganti, tempat beristirahat, dan sebagainya, dikelola secara swadaya oleh warga setempat. Air terjun ini pun belum masuk ke daftar kunjungan wisata dari pemerintah daerah Tapanuli Selatan itu sendiri, demikian seperti diambil dari catatanwisata.com.

Tentunya, keberadaan air terjun Sisundung Parsalakan yang masih “perawan” ini malah bakal memanjakan anda yang menyukai wisata alam sealamiah mungkin, bebas dari rekaan manusia. Sehingga menikmati air terjun ini bisa menjadi pilihan yang sangat cocok bagi anda. Terdapat dua air terjun yang mengalir berdampingan di sini, sehingga tak heran penduduk menjuluki air terjun Sisundung Parsalakan ini sebagai air terjun ganda.
Baca juga5 Air Terjun Cantik yang Bisa Dikunjungi di Tapanuli Selatan

Jika dilihat dari gambar, sudah bisa membayangkan betapa segarnya berada di sini. Aliran air yang mengalir deras dari atas tebing tentu akan menyapu segala kepenatan yang ada di kepala usai bekerja seharian atau semingguan penuh. Layaknya air terjun lainnya, di sini juga ada batu-batu besar bersih yang duduk atau berdiri di situ sambil membentangkan kedua tangan, membiarkan percikan air terjun menerpa kepala dan badan dengan mata tertutup memberikan sensasi sejuk dan senang tak terhingga.

Ada sebuah kolam kecil yang menampung air dari dua air terjun kecil di kompleks air terjun Sisundung Parsalakan ini. Tentu saja kola mini bisa menjadi medium bermain tersendiri bagi anak kecil asal orang tua harus siap sedia menjaga mereka agar tidak terjatuh atau terpleset. Mengingat masih belum dikenal banyak orang, anda bisa puas berfoto ria tanpa harus berebutan dengan yang lain. Semoga juga kebersihan masih terjaga dengan baik dan anda malah bisa menelusuri sekitaran air terjun Sisundung Parsalakan ini dengan lebih leluasa.

 

 

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *